Senyum sehat Room

May 28, 2012

7 Keajaiban Dunia Bawah Air

Filed under: ilmu pengetahuan — ekasept @ 1:34 pm

7 Keajaiban Dunia Di bawah Air
________________________________________

Keajaiban alam bukan hanya di dataran tetapi di dunia air dengan keindahannya . Berikut keajaiban alam di dalam dunia air.

1. The Blue Hole of Belize

Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, lebih dari 300 m (984 kaki) di seluruh dan dalam 125 m (407 kaki). Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah – analisa penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. Sebagai laut yang mulai muncul kembali, gua-guanya tergenang. Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Cagar Karang Penghalang Belize yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

The blue Hole of Belize

2. Deep-Sea Vents

Dikenal juga sebagai “black smoker” atau perokok hitam, yaitu aktivitas pengeluaran gas dan air panas ke permukaan bumi karena kegiatan vulkanik. Kawasan Deep – Sea Vents sangat buas, dia memiliki semburan hidrotermal dan cerobong – cerobong perokok hitam yang ditemukan pada kedalaman 16.000 kaki atau 4.877 meter. Saat para ilmuwan memotong dasar laut dibawah bongkahan es artik, mereka menemukan selusin gunung berapi yang baru.
Deep Sea

3. Kepulauan Galapagos

Kepulauan Galapagos yaitu sebuah kepualauan yang terdiri dari 13 puau berapi dan bebatuan yang terletak di samudera Pasifik sekitaer 1000 km sebelah barat Amerika Selatran. Galapagos merupakan salah satu daerah gunung berapi teraktif di dunia.Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

Pada 1986 lautan di sekitarnya dinyatakan sebagai cadangan kelautan. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978 yang kemudian diperpanjang pada Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan. Yayasan Charles Darwin yang didedikasikan untuk pemeliharaan kepulauan ini didirikan di Belgia pada 1959.

Spesies yang penting termasuk di dlm pulau ini :
1. Iguana darat, Conolophus subcristatus
2. Iguana laut, Amblyrhynchus cristatus (satu-satunya jenis iguana yang makan makanan dari laut)
3. Kura-kura Raksasa Galapgos, Geochelone elephantopus, dikenal sebagai Galápago dalam bahasa Spanyol, adalah binatang yang menjadi asal nama kepulauan ini.
4. 13 spesies endemis burung kutilang.
5. Pinguin Galapagos, Spheniscus mendiculus
6. Burung laut yang tak terbang, Nannopterum harrisi

Kep. Galapagos

4. Great Barrier Reef

Karang Penghalang Besar (Bahasa Inggris: Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Great Barrier Reef

5. Danau Baikal

Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk.Ketinggian permukaan 456 meter (1,496 kaki) dengan Kedalaman maksimal 1637 meter (5369 kaki). Disinilah terdapat seperlima dari air tawar di bumi, jika danau ini kering untuk mengisinya kembali diperlukan debit air di dunia sepanjang tahun. Dan, orang yang naik kapal melintasi danau ini dapat melihat kedalaman danau 50 meter.

Danau Baikal

6. Northern Red Sea

Laut yang membatasi benua Afrika dan Asia, dan termasuk laut dengan tingkat kadar garam tertinggi di dunia. Kedalaman laut ini mencapai 2.500 meter. Seorang arkeologi menemukan beberapa bangkai kereta tempur kuno dan manusia menurutnya merupakan bangkai kereta firaun saat mengejar musa.

Northen red sea

7. Palau

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.iga arus lautan yang bertemu di Palau membawa serta kehidupan laut yang lebih beraneka dibanding laut Karibia sekalipun. Terdapat lebih dari 1.000 spesies ikan dan lebih dari 700 spesies karang. Jika anda menyelam bisa menyusuri tebing Ngemelis Wall setinggi 60 kaki, menurun kira-kira 1.000 kaki sampai anda menjumpai aneka terumbu karang dan aneka species ikan beraneka warna.

Palau

 

Sumber : Kaskus.com

edited by me.

 

My other blogs,

http://ekasept.blogspot.com/ | http://dekaseptia.tumblr.com/

Thankyou for coming🙂

January 5, 2012

Sariawan

Filed under: hidup sehat, Kesehatan, Mengenal tubuh — ekasept @ 3:13 pm

Siapa yang tidak kenal dengan sariawan?? Rasanya hampir semua orang sudah pernah merasakan dibelai oleh si sariawan ini. Hihi

Tapi ada juga beberapa orang yang belum pernah sama sekali merasakan yang namanya sariawan (wow!! Ini daya tahan tubuhnya kuar sekali ya😉 ), dan bahkan ada yang seumur hidupnya sariawan terus ga sembuh-sembuh. Kasian L

Apa sih sariawan?

Sariawan sendiri adalah penyakit yang berasal dari virus, kurang tau virus apa pastinya karena saya mencari de beberapa sumbar hanya menyebutkan “virus” tanpa ada nama virus apa itu. Selain karena virus sariawan disebabkan karena kuman yang ada di mulut. Dan yang paling sering adalah bakteri yang menginfeksi bagian dalam mulut sehingga meradang bengkak dan luka sehingga terjadilah sariawan. Jadi yang jarang bersihin mulut, ati-ati ya pasti bakal sering dijenguk oleh si sariawan ini. Hehe😀

Selain karena kuman yang ada di mulut, sariawan juga bisa disebabkan oleh adanya luka. Yapp benar sekali luka pada mulut, entah itu pada kulit bagian dalam mulut atau lidah. Luka yang ada di mulut susah sembuh karena berada di area yang basah, dan selalu terkena makanan atau minuman yang masuk ke mulut. Luka ini lama-lama akan menjadi sariawan. Bagimana bisa terluka? Ya tentu saja karena tergigit pada saat makan atau berbicara😀

Sariawan ini rasanya,, emmmmmmm tidak usah diragukan lagi, pasti perihnya luar biasa. Dari pengalaman pribadi, saya termasuk orang yang sering sariawan dan dari 10 kali sariawan 8 diantaranya disebabkan karena tergigit pada saat makan. Entah kenapa bagian mulut saya ini agak kelebihan daging yang menjorok kedalam, jadi pada saat makan selalu tergigit L

Biasanya sariawan yang baru hanya berupa luka kecil yang warnanya merah, namun lama kelamaan luka ini akan semakin lebar, meradang dan akan berwarna keputih-putihan. Jika warnanya sudah putih sariawan ini akan mencapai puncak kekuasaannya. Sakitnya, ampuun luar biasa. Bahkan beberapa orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah bisa demam karena sariawan ini.

Beberapa rekan pernah cerita kalau sariawan juga disebabkan karena si inang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, jadi bisa dipastikan dia akan sering sariawan dan gampang sakit. Ada juga yang menyebutkan bahwa sariawan  bisa dijadikan indikasi atau signal tubuh. Jadi maksudnya begini, jika seseorang menderita sariawan tanpa sebab (sebelumnya tergigit misalnya) maka pada saat itu daya tahan tubuh dia sedang menurun, jika tidak segera mengistirahatkan tubuh bisa saja orang ini akan jatuh sakit, entah itu flu ringan atau demam, atau penyakit yang lebih berat.

Cara penyembuhan,

Pengalaman saya pribadi, jika sariawan hanya titik kecil dan tidak begitu menganggu saya diamkan saja, toh nanti akan sembuh sendiri. Tapi ini sepertinya tidak baik untuk ditiru😀

Pengobatan untuk sariawan banyak macamnya, bisa dengan obat yang banyak dijual di apotek, sebut saja albothyl. Obat ini sangat umum digunakan untuk penyembuhan sariawan hanya dengan meneteskan sedikit cairan albothyl pada luka. Tapi ini juga perihnya minta ampun (bagi saya)😀

Dan saya tidak menyarankan pengobatan sariawan dengan albothyl jika sariawannya ada di ujung lidah, kenapa? Sumpah rasanya ga karuan banget T_T

Ada juga obat sariawan herbal, yang biasanya cukup di semprotkan saja di bagian mulut yang terluka.

Ada lagi yang lebih suka menyiksa bibir yang terluka ini, dengan menggigitnya hingga berdarah L saya tidak menyarankan hal ini, kenapa? Karena dengan menggigit bagian yang luka hingga mengeluarkan dara, itu sama saja dengan memperparah keadaan mulut yang terluka. Efeknya sariawan akan semakin lebar dan luka akan semakin dalam, dan akan terjadi peradangan di kulit mulut yang terluka. Intinya ya akan semakin lama sembuhnya. Jadi daripada menggigit sariawan lebih baik menggigit vit.C hisap supaya sariawan cepet sembuh😉

Keep healthy guys

 

Thanks for coming in my blog.

 

My other blogs

ekasept.blogspot.com   dekaseptia.tumbr.com

January 4, 2012

Galau

Filed under: Only Me, Uncategorized — ekasept @ 2:04 pm

Hap Hap Happy New Year…

Yayy yayy yayy!!

 

Tanpa terasa tahun sudah berganti, semakin cepet aja waktu berjalan.

Masih tetap dengan pekerjaan lama, masih tetap dengan penghasilan lama, masih tetap dengan rutinitas sama?

Kalo jawabnya “yapp” lalu, apa yang berubah dari awal tahun 2011 sampai sekarang awal tahun 2012???

(yap ini nulis sambil ngaca)

Tak ada yang berubah, hanya beberapa kemajuan, punya kegiatan lain sedikit, jadi sering belanja banyak, lebih jago milih barang baru. Hahaha yess, that’s all guys!

Ngomong-ngomong banyak perubahan yang aku rasain selama tahun 2011, selama pertengahan tahun 2011 sampai sekarang, yap awal tahun 2012. Lagi ngetrend banget kata “Galau”. Dari berbagai kalangan lebih banyak mengenal istilah ini.

Ga tau juga siapa pastinya yang mem-populerkan istilah ini tapi ya, boleh dibilang esay listening dan dapat menggambarkan banyak perasaan, entah sedih atau senang atau bingung yang kesemuanya itu hanya sukup dengan satu kata “Galau”. *jujur, I love it guys! haha

Awalnya denger istilah ini dari twitter (lebih tepatnya membaca, bukan denger J ). Twitter kan digandrungi banget mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Seiring berkembangnya smartphone, social media inipun semakin laris manis bak es kelapa muda di musim puasa😀 . ya termasuk aku, ngaku dehh ya kalo emang aku ini twittee holik. (my twitter @dekaseptia) ya kali aja ada yang mau nengok. Hihi *promosi

Balik lagi ke istilah “galau”

Ga cuman orang yang gemar main twitter yang menggunakan istilah ini, tapi juga seluruh masyarakat yang sebagian besar penggunanya adalah remaja. Bahkan ga cukup sampai disitu, setan-setan di jagat raya juga ikutan “galau”. Sesuatuu banget kan ya. Hehehe

Masih ga percaya??

Coba deh, dari temen-temen siapa yang paling suka nongkrong di gramedia (toko buku yang termahsyur itu) ? coba lihat di rak rak buku komedi atau bahkan bestseller, terpampang banyak buku yang berjudul pocong, ya ga cuman pocong aja, tapi mbak kunti juga udah mulai ikutan nampang. Sedikit kasian sih sama mereka-mereka ini, udah di alam gaib juga, masih tertarik dengan alam manusia, bahkan sampai nulis buku tentang macam-macam curhatan mereka. Yang paling kasian adalah curhatan si pocong yang bisa nulis padahal tangannya diiket. Dan secara ajaib dalam waktu singkat buku-buku dengan judul yang mirip bahkan sama persis bergentanyangan di gramedia. dalam waktu yang singkat. *suram* ya istilahnya tepat banget karena pocong adalah salah satu makhluk setan yang paling aku ga suka, dari model sampai tampang, suerr aku ga suka sama pocong!!

Ya mungkin kesemuanya itu ga lepas dari pengaruh si twitter, si burung biru itu. Huft. Semoga setan-setan ini “galau”nya cepet sembuh ya,, amin.

Eniway guys, ya selain “galau” di twitter aku juga punya kegiatan lain selama 2011 kemarin. Yapp aku suka baca novel yang fiksi-fiksi gitu. Haha ga tau kenapa jadi suka berimajinasi. (yang ini sedikit ga penting ya😛 )

At last, Happy new year you, all!! Get your best in 2012.

Bye bye

 

Visit my other blogs

http://dekaseptia.tumblr.com/     http://ekasept.blogspot.com/

May 17, 2011

Pohon Kehidupan

Pisang?

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Pisang adalah buah yang tidak mengenal ras, semua golongan dapat menikmati pisang. Buah yang terlihat sepele atau bahkan tidak tergolong buah elite ini mudah kita temukan dimana-mana. Dari penjual buah keliling, penjual buah pinggir jalan, di pasar tradisional, supermarket, semuanya menjual pisang. Pisang merupakan buah yang bersahaja bukan? Karena ada dimana-mana.😀

Ada juga yang menyebutkan bahwa pisang adalah buah kehidupan. Wow!!!

Yapp, karena pisang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Pisang memiliki kandungan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar peredaran oksigen ke otak. So, tidak salah bukan jika pisang disebut buah kehidupan😉

Anda pecinta olahraga?

Wah, apa hubungannya cinta olahraga dengan pisang. Tentu saja sangat berhubungan, karena pisang termasuk makanan wajib setelah berolahraga. Kalium yang terkandung dalam pisang membuat otot berfungsi dengan tepat dan bisa membantu meringankan kram dan nyeri otot. Jadi, pastikan anda membawa pisang pada saat olahraga😉

Pisang juga mengandung karbohidrat, sehingga bisa menggantikan makanan berat seperti nasi. Tapi kebiasaan yang sering saya lakukan adalah makan pisang setelah makan nasi. Alhasil ya kekenyangan. Hehe

enywey ada lho beberapa jenis pisang yang dikonsumsi pada saat mentah, sebagai contoh adalah pisang kluthuk atau pisang batu. Pisang ini biasanya diparut dan digunakan sebagai campuran rujak. Apakah bermanfaat sebagai bumbu?? Mungkin. Tapi lebih tepatnya campuran ini berfungsi supaya perut kita tidak berasa mules setelah makan rujak, rasa sepat yang ditimbulkan dari pisang mentah ini akan sedikit menetralisir rasa rujak yang identik dengan rasa pedas😉

Tau ga kalau pada upacara pernikahan adat jawa juga memakai pisang, bukan hanya buahnya tapi juga batangnya. Buat apaa?

Dua batang pisang dengan beberapa sisir pisang (biasanya sih sekalian satu tandan pisang beserta batangnya) punya arti suami harus bisa menjadi panutan dalam keluarga dan kehidupan social. Seperti pohon pisang yang mudah tumbuh dimana saja dan dapat berbuah kapan saja. Hohoho… mantab bukan filosifi dari pisang. maknyuss

Cukup banyak bukan manfaat pisang, tidak hanya pisang masak, tapi juga pisang mentah. Tidak hanya buahnya tapi batang dan daunnya pun bermanfaat. Tidak salah kalau pisang adalah pohon kehidupan.

Semoga bermanfaat ;p

May 15, 2011

Sakit Pinggang :(

Filed under: hidup sehat, Kesehatan — Tags: , , , , — ekasept @ 11:52 am

Sakit pinggang..

Pembaca, sudah pernah merasakan sakit pinggang ??

Buat kamu yang belum pernah merasakan sakit pinggang,  aku kasih sedikit gambarannya.

Sakit pinggang itu rasanyaaa,, ampun deh.  Nyeri-nyeri menggoda bikin gregetan, dipake duduk salah. Dipake  tiduran salah. Dipake apapun salah.😦

Biasanya pinggang berasa nyeri kalau sudah terlalu lama duduk, atau terlalu lama tiduran. Jangan salah! Terlalu lama tiduran itu bikin nyeri di pinggang. Kalo masih belum percaya silahkan dicoba😀

Kenapa sih bisa sakit pinggang ?

Banyak sebab terjadinya sakit pinggang. Rata-rata masalah otot, salah urat dan sebagainya. Yang paling masuk akal tentu saja masalah ketegangan otot. Benar kan?😀

Tapi yang paling serem nih, sakit pinggang juga merupakan salah satu indikasi penyakit ginjal. Tentu saja tidak semua sakit pinggang berhubungan dengan ginjal.

Beberapa ciri sakit pinggang yang tidak berhubungan dengan ginjal adalah :

  1. Nyeri akan hilang setelah dipijit atau diurut
  2. Nyeri pinggan akan semakin sakit jika dipakai untuk bergerak atau membungkuk
  3. Nyeri hanya dirasakan jika sudah duduk terlalu lama atau setelah melakukan kegiatan berat

Ciri-ciri tersebut masih tergolong kategori wajar. Mungkin hanya bermasalah dengan otot.

Namun tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter saat pinggang terasa sakit. Dari pemeriksaan ini akan diketahui lebih jelas sebab sakit pinggang kamu.😉

Obat sakit pinggang.

Aku sendiri pernah sakit pinggang selama beberapa hari. Dan tidak tau obat apa yang harus diminum. Alhasil dengan olesan salep otot (ex: coun***pain) dan sedikit pijatan, nyerinya bisa berkurang. Tidak langsung sembuh memang, tapi paling tidak nyerinya bisa berkurang😉

Ada juga obat-obatan yang bisa menghilangkan nyeri, seperti asam mefenamat (“ponstan”). Jujur aku sendiri belum pernah minum obat itu. Hehehe

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kalimat di atas 100% benar. Menurut aku😀

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya nyeri pinggang,

  1. Olahraga teratur, yang ringan asal teratur
  2. Mengatur makanan dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak, asam urat, dll, agar memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang
  3. Seimbangkan berat badan, jaga jangan sampai obesitas
  4. Jangan terlalu stress, untuk yang satu ini selain menyebabkan sakit pinggang juga menyebabkan sakit kepala, migraine, dan lain sebagainya
  5. Pastikan minum air putih yang cukup. 2 liter/hari sangat dianjurkan

Semoga bermanfaat ya😉

Based of experience

Older Posts »

Create a free website or blog at WordPress.com.