Senyum sehat Room

August 18, 2010

Sahur Sehat

Filed under: Sahur sehat — ekasept @ 3:36 am

Puasa ke-8

Masih semangat guys, pastinya masih dong. Semakin bertambah hari di bulan ramdhan ini pastinya semangat puasa semakin menggebu. Udah ga ngeluh lagi, soalnya kan udah terbiasa.

Tapi jangan abaikan tentang makan sahur, walaupun perut sudah terbiasa dengan puasa, sebisa mungkin isi perut pada saat jam makan sahur.

Mengingat hal ini sangat penting. mengapa? Bayangkan saja dalam waktu lebih dari 12 jam ke depan, perut kita akan kosong. Sedangkan pencernaan dalam lambung akan terus berjalan. Jika anda tidak makan sahur, perut anda akan merasa perih akibat asam lambung yang berlebih (karena perut benar-benar kosong). Makan sahur juga berfungsi untuk menghindarkan anda dari kehilangan tenaga.

Tapi jangan asal memilih menu untuk sahur, karena salah pilih menu bukan anda akan mendapat lambung yang sehat tapi malah sebaliknya, anda akan mendapat masalah dengan lambung anda.

Berikut ada sedikit tips menu dan tata cara bersantap sahur.

  1. Pemilihan waktu sahur. Pada saat makan sahur usahakan jangan terlalu mepet dengan waktu imsak, karena pada waktu terlalu  mepet dengan imsak anda akan makan dengan terburu-buru, cara makan seperti ini membuat pencernaan makanan tidak sempurna. Sebisa mungkin makan sahurlah satu jam sebelum waktu imsak.
  2. Pemilihan menu makan sahur. Pilihlah menu yang mengandung karbohidrat tinggi, karena karbohidrat dapat bertahan lama sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Jangan lupa sayur-sayuran.
  3. Minuman pada saat makan sahur. Untuk bekal puasa seharian minumlah banyak air putih. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebisa mungkin jangan minum minuman bersoda, karena ini hanya akan menyiksa lambung anda. Bagaimana dengan kopi ? Untuk sebagian orang kopi merupakan menu wajib, dengan alasan kalau tidak minum kopi siangnya akan lemas atau pusing. Sebenarya minum kopi tidak dianjurkan, karena minum kopi tidak akan menambah cairan dalam tubuh tapi malah menghabiskan cairan dalam tubuh, karena Zat yang terkandung dalam kopi masih butuh dicerna menggunakan cairan tubuh. Bagi anda yang memiliki lambung kuat dan sudah terbiasa minum kopi, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagi anda yang memiliki lambung lemah, hindari minuman ini.
  4. Menu pelengkap. Anda bisa mengkonsumsi buah pada saat sahur, tapi jangan pilih menu yang manis-manis seperti camilan coklat, dan sejenisnya. Jika perlu minumlah vitamin.

Mungkin sedikit tips ini dapat memberi anda inspirasi, tubuh anda akan tetap sehat dan bugar walaupun dalam keadaan puasa.

Selamat berpuasa.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: