Senyum sehat Room

October 22, 2010

MIOM

Filed under: Mengenal tubuh — ekasept @ 9:05 am

All About MIOM

Innalillahi wa innailaihi roji’un

Hari ini dapet kabar temen kerja ada yang keguguran, ya Allah sedih banget dengernya. Walaupun saya sendiri belum pernah hamil dan masih jauh banget kalo mikirin hamil (nikah aja belum kepikiran :D) tapi kalo denger keguguran gitu kok rasanya merinding. Langsung sedih gitu bawaanya. Perut jadi berasa geli2 sakit.. haduhh kok malah aku yang ga nyaman..😦

Kembali lagi ke masalah temen kerja tadi. Sebelumnya ga da tanda2, ibunya juga sehat, segar bugar. Tapi dari kabar yang saya dapat, sang ibu calon bayi ini menderita miom. Karena belum tau apa itu miom bahkan dengar pun baru sekali langsung aja buka google. Dan dapatlah penjelasan secara gamblang tentang Miom.

Mioma Uteri merupakan sejenis tumor jinak yang ada di rahim. Mioma juga disebut miom atau tumor otot rahim. Miom berasal dari sel jaringan fibro.

Asal mula penyakit mioma

Menurut beberapa sumber pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormon estrogen. Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan jaringan otot kandungan sekitarnya. Miom sendiri sering kali tumbuh pada saat terjadi kehamilan dan dapat membesar mengikuti perkembangan kehamilan. Dan miom sendiri akan menyusut dengan sendirinya pada saat usia menopause. Karena miom menempel pada dinding rahim hal ini mnyulitkan atau memperkecil kemungkinan untuk pengangkatan miom (sangat rawan) terutama pada saat rahim terisi janin.

Secara fisik bentuk miom sendiri digambarkan berupa benjolan dengan ukuran dan berat yang bervariasi. Mulai dari beberapa gram saja hingga mencapai 5kg. *sereeeeemmm

Foto miom

Tempat tumbuhnya Miom

Secara umum miom menduduki daerah rahim dan sekitarnya, menurut beberapa sumber, tempat2 yang kemungkinan didudugi miom adalah :

1.       Pertumbuhan tetap di dalam dinding rahim

2.       Pertumbuhan ke arah rongga rahim

3.       Pertumbuhan ke arah rongga rahim

Gejala dan tanda

Gejala yang paling umum saat terindikasi miom adalah :

1.       Perdarahan yang banyak (tidak wajar) dan lama pada saat haid atau bahkan mungkin di luar masa haid.

2.       Rasa nyeri akibat aktivitas tumor

3.       Penekanan pada organ2 yang ada di sekitar tumor sehingga menimbulkan gangguan pada aktifitas buang air kecil / besar, pembengkakan pembuluh darah vena, sembelit, hingga gangguan ginjal.

4.       Sulit hamil karena penekanan di daerah indung telur

5.       Pada bawah perut sekitar rahim terasa kenyal

Mengapa MIOM mengakibatkan keguguran ??

Mioma uteri dapat mengakibatkan kelainan letak bayi dan plasenta, terhalangnya jalan lahir akibat terlalu besar miom, kelemahan pada saat kontraksi (pada saat melahirkan), dan pendarahan yang banyak setelah melahirkan dan gangguan pelepasan plasenta, dan bahkan janin yang berada di dalam rahim menjadi lemah sehingga terjadi keguguran.

Penyebab terjadinya miom??

Sampai saat ini penyebab pasti terjadinya miom belum diketahui, tapi diduga karena faktor keturunan keluarga karena menurut riwayat miom merupakan faktor dari hormon estrogen.  Selain masalah keturunan diduga miom juga disebabkan karena stress, daya tahan tubuh yang rendah dan pola makan yang tidak teratur, mengapa hal ini dapat menjadi sebab? Karena hal2 tersebut di atas dapat mempengaruhi produksi hormone. Atau infeksi yang terjadi pada rahim, infeksi sendiri sebabnya banyak, mulai dari ketidakdisiplinan dalam menjaga kebersihan alat pembungan hingga pengaruh hubungan seksual yang tidak sehat.

Penyembuhan

Beberapa tahun terakhir ditemukan teknik pembedahan untuk menghilangkan miom, yaitu teknik histeroskopi dan laparoskopi. Sedangkan cara lain adalah menyusutkan miom dengan teknik radiologis menggunakan sinar X.

Serem dan panjang banget arti kata MIOM. Bagi kita para calon ibu, atau yang sudah menjadi ibu. Mulai sekarang marilah kita senantiasa menjaga kebersihan dan memperketat disiplin untuk menjalani pola hidup sehat.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: